Cara konfigurasi router dengan DHCP server

Pada bagian ini kita akan mengkonfigurasi router dengan DHCP.
DHCP server memberikan configurasi IP secara dinamis kepada hosts yang ada dalam jaringan kita agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Seperti yang telah dibahas sebelumnya pada materi “Pengalamatan Jaringan”, untuk bisa berkomunikasi pada suatu jaringan private ataupun pada jaringan public Internet, setiap host pada jaringan harus diidentifikasi oleh suatu IP address.
Buat apa sebenarnya DHCP server ini? DHCP sangat dibutuhkan untuk mengurangi kompleksitas konfigurasi IP pada computer. Bayangkan saja kalau kita sebagai administrator jaringan dalam suatu bisnis yang mempunyai sekitar 1000 computer dan kita tahu bahwa setiap computer tersebut membutuhkan konfigurasi IP yang unik, belum lagi kalau ada perubahan konfigurasi missal perubahan IP pada DNS atau WINS, atau perubahan gateway address, maka kita pun harus mengubahnya satu persatu lagi. Itu pun kalau berjalan mulus kalau salah ketik saja dan terjadi IP yang sama maka IP conflict tak terhindarkan dan kita harus mencarinya dan mengubahnya.

Berikut dijelaskan konfigurasi DHCP Dinamis sesuai dengan gambar dibawah ini :

1. Langkah – langkah konfigurasi DHCP Dinamis pada router sama saja dengan langkah –langkah konfigurasi pada router di atas, sampai dengan langkah ke 7. Perlu di ingat, karena kita menggunakan DHCP Dinamis dari server maka pada protocol TCP/IP dipilih Obtain an IP Address Automatically.

2. Selanjutnya mengatur DHCP Server dengan cara memilih tab DHCP, dengan settingan pada tab sebagai berikut :
Setup
-Enable DHCP Server : Cek list
Digunakan untuk mengaktifkan fungsi DHCP Server pada router
-Dynamic IP
-Client Lease Time : Masukkan 1440 Minutes
Digunakan untuk memberikan lama waktu koneksi dari PC Client ke Server
-Dynamic IP Range
1. Range Start : Masukan 30
2. Range End : Masukan 50
Digunakan untuk memberikan batas awal dan batas akhir dari pengalamatan IP Address secara dinamis.

3. Kemudian langkah selanjutnya untuk mengetahui traffic jaringan PC Client yang terhubung dengan router masih pada DHCP pliih tab Status, maka akan tampil gambar seperti di atas.

Baca juga
Cara konfigurasi router dengan DHCP statis
Lihat materi Lainnya

Author:

Facebook Comment

Inside Post