Mengkonfigurasi TCP/IP pada windows xp

Salah satu kelebihan Windows XP akan langsung mengenali peralatan network yang terpasang pada komputer Anda. Jika maka Anda harus menginstallnya lebih dahulu dengan driver bawaan dari kartu jaringan yang Anda beli. TCP/IP harus dikonfigurasikan sebelum dahulu agar bisa “berkomunikasi” di dalam jaringan komputer. Setiap kartu jaringan komputer yang telah diinstall memerlukan IP address dan subnet mask. IP address harus unik (berbeda dengan komputer lain), subnet mask digunakan untuk membedakan network ID dari host ID. Pada saat installasi selesai maka Anda tinggal melakukan :
  1. Klik Start, kemudian klik kanan pada My Network Places, kemudian pilih Properties.
  2. Setelah ditampilkan layar Network Connections, pilih peralatan yang akan Anda set untuk digunakan koneksi ke jaringan, misalnya Local Area Connection.
  3. Klik kanan pada Local Area Connection, kemudian pilih Properties.
  4. Klik kanan pada Internet Protocol (TCP/IP), kemudian pilih Properties.
  5. Klik pada Use the following DNS server address, kemudian isikan 
  • Preferred DNS server (alamat yang menghubungkan jaringan Anda dengan jaringan server yang terhubung ke internet)
  • Alternate DNS server (pilihan alamat lain yang menghubungkan jaringan Anda dengan jaringan server yang terhubung ke internet)
  • Klik pada Use the following IP address, kemudian isikan : 
  • IP address komputer Anda (ingat harus unik, tak boleh sama dalam satu jaringan)
  • Subnet mask Default gateaway (harus sama dalam satu jaringan)
Pengisian DNS server tergantung dari alamat yang diberikan oleh layanan koneksi Internet (ISP) Anda. Anda akan diberi alamat ini oleh ISP. Jika alamat DNS server lebih dari dua Anda harus mengisikan dengan klik tombol Advanced, kemudian klik DNS dan pilih Add untuk menambahkannya.
Baca juga
Lihat materi Lainnya

Author:

Facebook Comment

Inside Post