Apa itu Load Balance

Kali ini kita akan membahas tentang Load Balance, pengertian dari Load balance memang luas tapi kita akan mengartikan nya secara umum nya saja.

Load Balance

Dalam load balance, trafik jaringan akan dilewatkan ke beberapa saluran yang aktif. Load balance akan menggunakan beberapa cara/teknik untuk membagi beban diantara saluran yang ada.

Load balance TIDAK menggabungkan bandwidth yang ada.

Weight

Parameter weight digunakan untuk mengatur pembagian beban diantara saluran yang aktif. Nilai weight yang lebih tinggi akan lebih diprioritaskan untuk dilalui paket data yang lebih besar dibandingkan nilai weight yang lebih kecil.
Contoh :
Line 1 : weight=4
Line 2 : weight=1

Maka data yang dilewatkan melalui line 1 besarnya 4x data yang dilewatkan melalui line 2. Dalam hal ini, line 2 berfungsi sebagai backup dari line 1. Biasanya line 2 memiliki bandwidth yang lebih kecil dari line 1.

Persistence

Persistence adalah teknik load balance dengan tambahan fitur untuk pengalihan jalur secara konsisten,misalnya kelompok ip A akan dilewatkan ke jalur ISP1 dan kelompok ip B akan dilewatkan ke jalur ISP2. Atau port browsing akan dilewatkan ke ISP1 dan port-port game online akan dilewatkan ke ISP2

FailOver

Salah satu teknik load balance adalah failover. Failover adalah pengalihan jaringan jika ada satu atau beberapa line yang mati, maka trafik jaringan akan dialihkan ke line yang masih hidup (online).

Bandwidth/Line Aggregation

Bandwidth aggregation atau yang umum disebut teknik bonding adalah penggabungan beberapa saluran yang ada menjadi seolah-olah satu saluran. Bonding menjumlahkan bandwidth dari saluran-saluran tersebut.
Teknik bonding harus dikonfigurasikan di dua ujung saluran, disisi client dan disisi server/ISP, oleh karena itu support dari ISP sangat diperlukan.Biasanya ISP-ISP yang mendukung sistem bonding ke client adalah ISP wireless atau ISP dedicated internet line.

Baca juga
Lihat materi Lainnya

Author:

Facebook Comment

Inside Post