Mengenal Tag, Element, Atribut HTML

Sebelumnya kita telah mengenal tentang editor yang di pakai dan browser, sekarang kita akan mempelajari tentang Tag, Element dan Atribut HTML.

Tag HTML

Tag merupakan kode yang digunakan untuk memperkenalkan pada web browser untuk apa text HTML yang ditulis. HTML membutuhkan cara memperkenalkan text yang ditulis didalamnya kepada web browser. baik text itu berupa list, paragraf, link dan sebagainya.
disinilah di gunakan tag. dalam penulisan tag, hampir semua menggunakan pembuka dan penutup tag, dimana objek yang di maksudkan berada diantara pembuka dan penutup tag. berikut penulisan tag yang digunakan dalam HTML
<tag> Objek yang diisi </tag>
Perbedaan antara tag pembuka dan tag penutup yaitu, pada tag pembuka diawali kurung sudut pembuka dan di akhiri dengan kurung sudut penutup (< >), sedangkan pada tag penutup, diawali dengan kurung sudut pembuka, backslash, dan diakhiri dengan penutup kurung sudut (</>).
jenis tag yang sering digunakan dalam html
berikut beberapa jenis tag yang akan sering anda jumpai kalo di web programing :

Element HTML

Element pada HTML merupakan isi atau objek yang berada pada tag. maksudnya, isi
yang ada diantara tag pembuka dan tag penutup di sebut dengan elemen misalkan :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title></title>
</head>
<body>
<strong><h2>Pengenalalan atribut HTML</h2></strong>
</body>
</html>
pada contoh diatas <h2> adalah heading dua <h2> merupakan element h2 dan isinya ini adalah heading dua. dalam element ini bisa berupa text ataupun tag lain misalnya <link> dan sebagainya.

Atribut pada HTML

Atribut merupakan informasi tambahan yang digunakan di dalam tag pembuka. informasi ini bisa berupa instruksi untuk memberikan efek warna, ketebalan, dll. atribut bisanya memiliki 2 bagian yaitu nama dan nilai, dapat ditulis dengan ( name=”value” ). penulisan nilai/value diapit oleh dua tanda kutip (bisa digunakan kutip satu atau kutip dua).
Penulisan atribut pada HTML diawali dengan penulisan tag, didalam tag berikan atribut dan element dari tag itu sendiri berikut contoh penulisan atribut pada HTML :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title></title>
</head>
<body>
<h2 align="center">Pengenalan atribut HTML</h2>
</body>
</html>
Perhatikan pada syntax di atas :
  • adalah tag heading 2

  •  align adalah nama dari atribut 
  •  center adalah nilai/value dari atribut 
  •  “Pengenalan atribut HTML” adalah element dari tag h2
Tidak semua tag ini membutuhkan atribut di dalamnya, namun bagi anda yang bergelut di web programing akan sering menjumpai tag yang didalamnya terdapat atribut.

Setelah kita mengenal tag, element, dan atribut selanjutnya kita akan mempelajari tentang Heading, stay terus materi selanjutnya.

Author:

Facebook Comment

Inside Post