Heading pada HTML

Heading merupakan element atau tag HTML yang berfungsi untuk menunjukkan bagian penting pada halaman web. element tag heading ini memiliki 6 tingkatan yang berurutan yaitu. 
<h1>,<h2>,<h3>,<h4>,<h5>,<h6> yang bisa digunakan untuk menambah ke struktur halaman web. perbedaan masing-masing heading yaitu besar hingga kecil teks. contohnya tag/element <h1> lebih besar dari element/tag <h2> dan seterusnya.
Penggunaan masing-masing heading juga berbeda, berikut penggunaan masing-masing tag/element heading yang sering digunakan pada pengolahan halaman web :
<h1> adalah heading yang digunakan untuk penulisan judul utama dari dokumen
<h2> adalah heading yang digunaakan sebagai sub dari <h1><h3> adalah heading yang digunakan sebagai sub dari <h2> untuk penggunaan <h4><h4><h5><h6> tergantung programmer sendiri untuk memperindah halaman web sesuai keperluan.
berikut contoh penerapan masing-masing element/tag heading :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title></title>
</head>
<body>
<h1>ini adalah heading 1</h1>
</body>
</html>

contoh lain
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title></title>
</head>
<body>
<h1>ini adalah heading 1</h1>
<h2>ini adalah heading 2</h2>
<h3>ini adalah heading 3</h3>
<h4>ini adalah heading 4</h4>
<h5>ini adalah heading 5</h5>
<h6>ini adalah heading 6</h6>
</body>
</html>
Dari contoh diatas, dapat anda lihat perbedaan antara masing-masing heading. penulisan heading ini boleh digunakan didalam jenis tag yang lain. berikut contoh penggunaan element heading di dalam tag lain :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title></title>
</head>
<body>
<a href="https://dr-kone.blogspot.com/"><h1>ini adalah heading 1 </h1></a>
</body>
</html>
contoh diatas yaitu penggunaan tag heading yang berada dalam tag a. sedangkan atribut href digunakan untuk menghubungkan dengan dokumen/link yang lain. ketika diklik pada “ini adalah heading 1” maka halaman akan di alihkan ke halaman https://dr-kone.blogspot.com.

Selanjutnya setelah kita mempelajari heading kita akan mempelajari tentang format text menggunakan html, jadi lanjutkan terus belajarnya Ok.
Untuk melihat artikel/materi lainnya silahkan masuk di sini

Author:

Facebook Comment

Inside Post