Package java.lang


pada kesempatan kali ini saya akan menjabarkan sedikit tentang pakage java.lang, untuk contoh sebaiknya anda langsung praktekan karna akan lebih cepat mengerti.
Java datang dengan beberapa class built-in yang bermanfaat. Mari kita membahas class-class tersebut.

Class Math

Java juga menyediakan konstanta dan method untuk menunjukkan perbedaan operasi matematika seperti fungsi trigonometri dan logaritma. Selama method-method ini semua static, Anda dapat menggunakannya tanpa memerlukan sebuah objek Math.
Untuk melengkapi daftar konstanta dan method-method ini, lihatlah acuan pada dokumentasi Java API.
Dibawah ini beberapa method-method umum yang sering digunakan.
Di bawah ini adalah program yang menunjukkan bagaimana method-method tersebut digunakan.
class MathDemo {
public static void main(String args[]) {
System.out.println("absolute value of -5: " +
Math.abs(-5));
System.out.println("absolute value of 5: " +
Math.abs(-5));
System.out.println("random number(max value is 10): " +
Math.random()*10);
System.out.println("max of 3.5 and 1.2: " +
Math.max(3.5, 1.2));
System.out.println("min of 3.5 and 1.2: " +
Math.min(3.5, 1.2));
System.out.println("ceiling of 3.5: " + Math.ceil(3.5));
System.out.println("floor of 3.5: " + Math.floor(3.5));
System.out.println("e raised to 1: " + Math.exp(1));
System.out.println("log 10: " + Math.log(10));
System.out.println("10 raised to 3: " + Math.pow(10,3));
System.out.println("rounded off value of pi: " +
Math.round(Math.PI));
System.out.println("square root of 5 = " + Math.sqrt(5));
System.out.println("10 radian = " + Math.toDegrees(10) +
" degrees");
System.out.println("sin(90): " +
Math.sin(Math.toRadians(90)));
}
}
Ini adalah contoh output dari program yang dibuat. Coba jalankan program dan bereksperimenlah secara bebas dengan memberikan argument.
absolute value of -5: 5
absolute value of 5: 5
random number(max value is 10): 4.0855332335477605
max of 3.5 and 1.2: 3.5
min of 3.5 and 1.2: 1.2
ceiling of 3.5: 4.0
floor of 3.5: 3.0
e raised to 1: 2.7182818284590455
log 10: 2.302585092994046
10 raised to 3: 1000.0
rounded off value of pi: 3
square root of 5 = 2.23606797749979
10 radian = 572.9577951308232 degrees
sin(90): 1.0

Class String dan StringBuffer

Class String disediakan oleh Java SDK dengan menggunakan kombinasi character literals. Tidak seperti bahasa pemrograman lainnya, seperti C atau C++, strings dapat digunakan menggunakan array dari character atau disederhanakan dengan menggunakan class String. Sebagai catatan, bahwa sebuah objek String berbeda dari sebuah array dari character.

Constructor String

Class String mempunyai 11 constructor. Untuk melihat bagaimana constructor-constructor ini, perhatikan contoh berikut.

class StringConstructorsDemo {
public static void main(String args[]) {
String s1 = new String(); // membuat string kosong
char chars[] = { 'h', 'e', 'l', 'l', 'o'};
String s2 = new String(chars); // s2 = "hello";
byte bytes[] = { 'w', 'o', 'r', 'l', 'd' };
String s3 = new String(bytes); // s3 = "world"
String s4 = new String(chars, 1, 3);
String s5 = new String(s2);
String s6 = s2;
System.out.println(s1);
System.out.println(s2);
System.out.println(s3);
System.out.println(s4);
System.out.println(s5);
System.out.println(s6);
}
}

Method-method String

Di bawah ini adalah daftar dari method-method String.
Perhatikan bagaimana method-method tersebut digunakan dalam program di bawah ini.
class StringDemo {
public static void main(String args[]) {
String name = "Jonathan";
System.out.println("name: " + name);
System.out.println("3
rd character of name: " +
name.charAt(2));
/* character yang pertama nampak secara berurutan
mempunyai nilai unicode lebih kecil */
System.out.println("Jonathan compared to Solomon: " +
name.compareTo("Solomon"));
System.out.println("Solomon compared to Jonathan: " +
"Solomon".compareTo("Jonathan"));
/* 'J' mempunyai nilai unicode yang lebih kecil dibanding
'j' */
System.out.println("Jonathan compared to jonathan: " +
name.compareTo("jonathan"));
System.out.println("Jonathan compared to jonathan (ignore
case): " + name.compareToIgnoreCase("jonathan"));
System.out.println("Is Jonathan equal to Jonathan? " +
name.equals("Jonathan"));
System.out.println("Is Jonathan equal to jonathan? " +
name.equals("jonathan"));
System.out.println("Is Jonathan equal to jonathan (ignore
case)? " + name.equalsIgnoreCase("jonathan"));
char charArr[] = "Hi XX".toCharArray();
/* Membutuhkan tambahan 1 untuk indeks endSrc dari
getChars */
"Jonathan".getChars(0, 2, charArr, 3);
System.out.print("getChars method: ");
System.out.println(charArr);
System.out.println("Length of name: " + name.length());
System.out.println("Replace a's with e's in name: " +
name.replace('a', 'e'));
/* Membutuhkan tambahan 1 untuk parameter endIndex dari
substring*/
System.out.println("A substring of name: " +
name.substring(0, 2));
System.out.println("Trim \" a b c d e f \": \"" +
" a b c d e f ".trim() + "\"");
System.out.println("String representation of boolean
expression 10>10: " + String.valueOf(10>10));
/* method toString secara implisit dipanggil method
println */
System.out.println("String representation of boolean
expression 10<10: " + (10<10));
/* Catatan, tidak ada perubahan pada nama objek String
meskipun setelah penggunaan semua method. */
System.out.println("name: " + name);
}
}
Ini adalah output dari program yang dibuat.
name: Jonathan
3rd character of name: n
Jonathan compared to Solomon: -9
Solomon compared to Jonathan: 9
Jonathan compared to jonathan: -32
Jonathan compared to jonathan (ignore case): 0
Is Jonathan equal to Jonathan? true
Is Jonathan equal to jonathan? false
Is Jonathan equal to jonathan (ignore case)? true
content of charArr after getChars method: Hi Jo
Length of name: 8
Replace a's with e's in name: Jonethen
A substring of name: Jo
Trim " a b c d e f ": "a b c d e f"
String representation of boolean expression 10>10: false
String representation of boolean expression 10<10: br="" false="">name: Jonathan

Class StringBuffer

Ketika objek String diciptakan, objek String tidak bisa lagi dimodifikasi. Objek StringBuffer serupa dengan objek String, kecuali kenyataan bahwa objek StringBuffer bersifat dapat berubah atau dapat dimodifikasi, sedangkan pada object String bersifat konstan. Panjang dan isi dapat diubah hingga beberapa pemanggilan method.
Ini adalah beberapa method pada class StringBuffer. K
Lihatlah acuan pada dokumentasi Java API.
Program di bawah ini menunjukkan bagaimana menggunakan method-method tersebut.
class StringBufferDemo {
public static void main(String args[]) {
StringBuffer sb = new StringBuffer("Jonathan");
System.out.println("sb = " + sb);
/* initial capacity is 16 */
System.out.println("capacity of sb: " + sb.capacity());
System.out.println("append \'O\' to sb: " +
sb.append("O"));
System.out.println("sb = " + sb);
System.out.println("3
rd character of sb: " +
sb.charAt(2));
char charArr[] = "Hi XX".toCharArray();
/* Need to add 1 to the endSrc index of getChars */
sb.getChars(0, 2, charArr, 3);
System.out.print("getChars method: ");
System.out.println(charArr);
System.out.println("Insert \'jo\' at the 3rd cell: " +
sb.insert(2, "jo"));
System.out.println("Delete \'jo\' at the 3rd cell: " +
sb.delete(2,4));
System.out.println("length of sb: " + sb.length());
System.out.println("replace: " +
sb.replace(3, 9, " Ong"));
/* Need to add 1 to the endIndex parameter of substring*/
System.out.println("substring (1st two characters): " +
sb.substring(0, 3));
System.out.println("implicit toString(): " + sb);
}
}
Ini adalah output dari program yang telah dibuat di atas. Sekali lagi, bereksperimen secara bebas dengan code-code merupakan cara terbaik mempelajari sintaks-sintaks yang ada.
sb = Jonathan
capacity of sb: 24
append 'O' to sb: JonathanO
sb = JonathanO
3rd character of sb: n
getChars method: Hi Jo
Insert 'jo' at the 3rd cell: JojonathanO
Delete 'jo' at the 3rd cell: JonathanO
length of sb: 9
replace: Jon Ong
substring (1st two characters): Jon
implicit toString(): Jon Ong

Class-class Wrapper

Sesungguhnya, tipe data primitive seperti int, char and long bukanlah sebuah objek.
Sehingga, variabel-variabel tipe data ini tidak dapat mengakses method-method dari
class Object. Hanya objek-objek nyata, yang dideklarasikan menjadi referensi tipe data, dapat mengakses method-method dari class Object. Ada suatu keadaan, bagaimanapun, ketika Anda membutuhkan sebuah representasi objek untuk variabel-variabel tipe primitive dalam rangka menggunakan method-method Java built-in. Sebagai contoh, Anda boleh menambahkan variabel tipe primitif pada objek Collection. Disinilah class wrapper masuk. Class wrapper adalah representasi objek sederhana dari variabel-variabel non-objek yang sederhana. Demikian daftar dari class wrapper.
Nama-nama class wrapper cukup mudah untuk diingat selama nama-nama itu sama dengan tipe data primitive. Dan juga sebagai catatan, bahwa class-class wrapper diawali dengan huruf besar dan versi yang ditunjukkan dari tipe data primitive.
Di bawah ini contoh penggunaan class wrapper untuk boolean.
class BooleanWrapper {
public static void main(String args[]) {
boolean booleanVar = 1>2;
Boolean booleanObj = new Boolean("TRue");
/* primitif ke objek; dapat juga menggunakan method
valueOf */
Boolean booleanObj2 = new Boolean(booleanVar);
System.out.println("booleanVar = " + booleanVar);
System.out.println("booleanObj = " + booleanObj);
System.out.println("booleanObj2 = " + booleanObj2);
System.out.println("compare 2 wrapper objects: " +
booleanObj.equals(booleanObj2));
/* objek ke primitif */
booleanVar = booleanObj.booleanValue();
System.out.println("booleanVar = " + booleanVar);
}
}

Class Process dan Runtime

Class Process

class Process menyediakan method-method untuk memanipulasi proses-proses, seperti mematikan proses, menjalankan proses dan mengecek status proses. Class ini merepresentasikan program- program yang berjalan. Di bawah ini beberapa method pada class Process.

Class Runtime

Di sisi lain, class Runtime merepresentasikan lingkungan runtime. Dua method penting pada class Runtime adalah method getRuntime dan exec.

Membuka Registry Editor

Berikut program untuk membuka registry editor tanpa harus mengetikkan perintah dari command prompt.
class RuntimeDemo {
public static void main(String args[]) {
Runtime rt = Runtime.getRuntime();
Process proc;
try {
proc = rt.exec("regedit");
proc.waitFor(); //cobalah menghapus baris ini
} catch (Exception e) {
System.out.println("regedit is an unknown command.");
}}}

Class System

Class System menyediakan beberapa field dan method bermanfaat, seperti standard input, standard output dan sebuah method yang berguna untuk mempercepat penyalinan bagian sebuah array. Di bawah ini beberapa method menarik dari class System. Sebagai catatan, bahwa semua method-method class adalah static
Ini adalah demo dari beberapa method-method tersebut
import java.io.*;
class SystemDemo {
public static void main(String args[]) throws IOException {
int arr1[] = new int[1050000];
int arr2[] = new int[1050000];
long startTime, endTime;
/* menginisialisasi arr1 */
for (int i = 0; i < arr1.length; i++) {
arr1[i] = i + 1;
}
/* mengkopi secara manual */
startTime = System.currentTimeMillis();
for (int i = 0; i < arr1.length; i++) {
arr2[i] = arr1[i];
}
endTime = System.currentTimeMillis();
System.out.println("Time for manual copy: " +
(endTime-startTime) + " ms.");
/* menggunakan utilitas copy yang disediakan oleh java –
yaitu method arraycopy */
startTime = System.currentTimeMillis();
System.arraycopy(arr1, 0, arr2, 0, arr1.length);
endTime = System.currentTimeMillis();
System.out.println("Time for manual copy: " + (endTime-
startTime) + " ms.");
System.gc(); //force garbage collector to work
System.setIn(new FileInputStream("temp.txt"));
System.exit(0);
}
}
jalankan program di atas lalu buatlah program baru, sebisa mungkin sering-seringlah berlatih agar lebih cepat memahami java.

Author:

Facebook Comment

Inside Post