Variabel tidak lain adalah lokasi memori yang disediakan untuk menyimpan nilai. Ini berarti bahwa ketika Anda membuat variabel, variabel Anda akan memesan beberapa ruang di memori.
Berdasarkan tipe data dari suatu variabel, sistem operasi mengalokasikan memori dan memutuskan apa yang dapat disimpan dalam memori yang dicadangkan. Oleh karena itu, dengan menetapkan tipe data yang berbeda ke variabel, Anda dapat menyimpan bilangan bulat, desimal, atau karakter dalam variabel ini.
Ada dua tipe data yang tersedia di Java :
- Tipe Data Primitif
- Tipe Data Referensi / Objek
Tipe Data Primitif
Ada delapan tipe data primitif yang didukung oleh Java. Tipe data primitif telah ditentukan oleh bahasa java dan diberi nama oleh kata kunci. Mari kita lihat ke dalam delapan tipe data primitif secara terperinci.
byte
- Tipe data Byte adalah bilangan bulat komplit 8-bit yang telah ditandatangani
- Nilai minimum adalah -128 (-2 ^ 7)
- Nilai maksimum adalah 127 (inklusif) (2 ^ 7 -1)
- Nilai default adalah 0
- Byte tipe data digunakan untuk menghemat ruang dalam array besar, terutama di tempat bilangan bulat, karena satu byte empat kali lebih kecil dari sebuah integer.
- Contoh: byte a = 100, byte b = -50
Short
- Jenis data short adalah integer komplet dua-bit 16-bit
- Nilai minimum adalah -32,768 (-2 ^ 15)
- Nilai maksimumnya adalah 32.767 (inklusif) (2 ^ 15 -1)
- Tipe data short juga dapat digunakan untuk menyimpan memori sebagai tipe data byte. short adalah 2 kali lebih kecil dari sebuah integer
- Nilai default adalah 0.
- Contoh: short s = 10000, short r = -20000
int
- Tipe data int adalah integer komplet dua-bit 32-bit.
- Nilai minimum adalah - 2,147,483,648 (-2 ^ 31)
- Nilai maksimum adalah 2.147.483.647 (inklusif) (2 ^ 31 -1)
- Integer umumnya digunakan sebagai tipe data default untuk nilai integral kecuali ada kekhawatiran tentang memori.
- Nilai standarnya adalah 0
- Contoh: int a = 100000, int b = -200000
long
- Tipe data long adalah bilangan bulat komplementer 64-bit yang telah ditandatangani
- Nilai minimum adalah -9,223,372,036,854,775,808 (-2 ^ 63)
- Nilai maksimum adalah 9,223,372,036,854,775,807 (inklusif) (2 ^ 63 -1)
- Jenis ini digunakan ketika rentang yang lebih luas dari int diperlukan
- Nilai default adalah 0L
- Contoh: long a = 100000L, long b = -200000L
float
- Tipe data float adalah presisi tunggal 32-bit IEEE 754 floating point
- Float terutama digunakan untuk menyimpan memori dalam array besar angka floating point
- Nilai default adalah 0,0f
- Tipe data float tidak pernah digunakan untuk nilai yang tepat seperti mata uang
- Contoh: float f1 = 234.5f
double
- tipe data double adalah presisi ganda 64-bit IEEE 754 floating point
- Tipe data ini umumnya digunakan sebagai tipe data default untuk nilai desimal, umumnya pilihan default
- Tipe data double tidak boleh digunakan untuk nilai yang tepat seperti mata uang
- Nilai default adalah 0,0d
- Contoh: double d1 = 123,4
boolean
- tipe data boolean mewakili satu bit informasi
- Hanya ada dua kemungkinan nilai: benar dan salah
- Tipe data ini digunakan untuk flag sederhana yang melacak kondisi true / false
- Nilai default salah
- Contoh: boolean one = true
char
- tipe data char adalah karakter Unicode 16-bit tunggal
- Nilai minimum adalah '\ u0000' (atau 0)
- Nilai maksimum adalah '\ uffff' (atau 65,535 inklusif)
- Tipe data Char digunakan untuk menyimpan karakter apa pun
- Contoh: char letterA = 'A'
Tipe data Referensi
Variabel referensi dibuat menggunakan konstruktor yang ditentukan dari kelas. Mereka digunakan untuk mengakses objek. Variabel-variabel ini dideklarasikan sebagai tipe khusus yang tidak dapat diubah. Misalnya, Karyawan, Anak Anjing, dll.
- Objek kelas dan berbagai jenis variabel array berada di bawah tipe data referensi.
- Nilai default dari setiap variabel referensi adalah nol.
- Variabel referensi dapat digunakan untuk merujuk objek apa pun dari tipe yang dideklarasikan atau jenis yang kompatibel.
Java Literals
Literal adalah representasi kode sumber dari nilai yang tetap. Mereka direpresentasikan langsung dalam kode tanpa perhitungan apa pun.
Literal dapat ditugaskan ke setiap variabel tipe primitif. Misalnya :
byte a = 68;
char a = 'A';
char a = 'A';
byte, int, long, dan short dapat dinyatakan dalam desimal (basis 10), heksadesimal (basis 16) atau sistem angka oktal (basis 8).
Awalan 0 digunakan untuk menunjukkan oktal, dan awalan 0x menunjukkan heksadesimal ketika menggunakan sistem angka ini untuk literal. Misalnya :
int decimal = 100;
int octal = 0144;
int hexa = 0x64;
int octal = 0144;
int hexa = 0x64;
string Literal di Java dispesifikasikan seperti dalam kebanyakan bahasa lain dengan melampirkan urutan karakter antara sepasang tanda kutip ganda. Contoh string literal adalah.
Contoh
"Hello World"
"two\nlines"
"\"This is in quotes\""
"two\nlines"
"\"This is in quotes\""
Jenis string dan char literal dapat berisi karakter Unicode apa pun. Misalnya :
char a = '\u0001';
String a = "\u0001";
String a = "\u0001";
Bahasa Java mendukung beberapa urutan escape khusus untuk String dan char literal.
Notasi | Karakter represented |
---|---|
\ n | Baris Baru (0x0a) |
r | Carriage return (0x0d) |
\ f | Formfeed (0x0c) |
\ b | Backspace (0x08) |
\ s | Space (0x20) |
\ t | tab |
\ " | Kutipan ganda |
\' | Kutipan tunggal |
\\ | backslash |
\ ddd | Oktal karakter (ddd) |
\ uxxxx | Karakter UNICODE heksadesimal (xxxx) |