Pada bagian ini kita akan mempelajari sintaks yang ada pada java, aturan penulisan dan hal apa saja yang bisa kita buat dengan java.
java dapat juga kita definisikan sebagai sekumpulan objek yang saling memanggil satu sama lain yang mempunyai berbagai fungsi yang berbeda.
Berikut mari kita lihat beberapa hal yang ada pada java :
Objek - Objek memiliki keadaan dan perilaku. Contoh: Seekor anjing memiliki status - warna, nama, berkembang biak, serta perilaku seperti menggoyangkan ekornya, menggonggong, makan. Objek adalah turunan kelas.
Kelas - Kelas dapat didefinisikan sebagai template / cetak biru yang menggambarkan perilaku / status yang didukung oleh objek jenisnya.
Metode - Suatu metode pada dasarnya adalah perilaku. Kelas dapat berisi banyak metode. Ini adalah metode di mana logika ditulis, data dimanipulasi dan semua tindakan dijalankan.
Variabel Instance - Setiap objek memiliki set variabel instan yang unik. Keadaan objek dibuat oleh nilai yang ditetapkan untuk variabel instan ini.
Mari kita lihat kode sederhana yang akan mencetak kata Hello World.
Contoh
public class MyFirstJavaProgram {
/* This is my first java program.
* This will print 'Hello World' as the output
*/
public static void main(String []args) {
System.out.println("Hello World"); // prints Hello World
}
}
Mari kita lihat bagaimana cara menyimpan file, mengkompilasi, dan menjalankan program. Silakan ikuti langkah selanjutnya :
Buka notepad dan tambahkan kode seperti di atas.
Simpan file sebagai: MyFirstJavaProgram.java.
Buka jendela comand prompt dan buka direktori tempat Anda menyimpan kelas. Asumsikan itu C: \.
Ketik 'javac MyFirstJavaProgram.java' dan tekan enter untuk mengkompilasi kode Anda. Jika tidak ada kesalahan dalam kode Anda, command prompt akan membawa Anda ke baris berikutnya (Asumsi: Variabel jalur diatur).
Sekarang, ketik 'java MyFirstJavaProgram' untuk menjalankan program Anda.
Anda akan dapat melihat 'Hello World' yang tercetak di jendela.
out put
C:\> javac MyFirstJavaProgram.java
C:\> java MyFirstJavaProgram Hello World
Sintaks Dasar
- Tentang program Java, sangat penting untuk mengingat poin-poin berikut.
- Sensitivitas - Java peka huruf besar, yang berarti pengenal Halo dan halo memiliki arti yang berbeda di Jawa.
- Nama Kelas - Untuk semua nama kelas, huruf pertama harus dalam Huruf Besar. Jika beberapa kata digunakan untuk membentuk nama kelas, setiap kata pertama kata dalam huruf pertama harus dalam Huruf Besar. Contoh: kelas MyFirstJavaClass Nama Metode - Semua nama metode harus dimulai dengan huruf Huruf Kecil. Jika beberapa kata digunakan untuk membentuk nama metode, maka setiap huruf pertama kata dalam harus berada dalam Huruf Besar. Contoh: public void myMethodName ().
- Nama File Program - Nama file program harus sama persis dengan nama kelas. Saat menyimpan file, Anda harus menyimpannya menggunakan nama kelas (Ingat Java peka huruf besar-kecil) dan tambahkan '.java' ke akhir nama (jika nama file dan nama kelas tidak cocok, program Anda tidak akan dikompilasi ). Contoh: Asumsikan 'MyFirstJavaProgram' adalah nama kelas. Maka file tersebut harus disimpan sebagai 'MyFirstJavaProgram.java'
- public static void main (String args []) - Pemrosesan program Java dimulai dari metode main () yang merupakan bagian wajib dari setiap program Java.
Java Identifiers
Semua komponen Java membutuhkan nama. Nama yang digunakan untuk kelas, variabel, dan metode disebut pengenal. Di Java, ada beberapa hal yang perlu diingat tentang identifier.
Mereka adalah sebagai berikut :
- Semua pengenal harus dimulai dengan huruf (A sampai Z atau a hingga z), karakter mata uang ($) atau garis bawah (_).
- Setelah karakter pertama, pengenal dapat memiliki kombinasi karakter apa pun.
- Kata kunci tidak dapat digunakan sebagai pengenal.
- Yang paling penting, identifier adalah case sensitive. Contoh : usia, gaji $, _value, __1_value.
- Contoh pengidentifikasi ilegal: 123abc, -salah.
Java Modifiers
Seperti bahasa lain, dimungkinkan untuk memodifikasi kelas, metode, dll, dengan menggunakan modifiers.
Ada dua kategori modifiers
- Access Modifiers − default, public , protected, private
- Non-access Modifiers − final, abstract, strictfp
kita akan mempelajari tentang modifiers di bagian berikutnya.
Variabel Java
Berikut ini adalah jenis variabel di Java :
- Local Variables
- Class Variables (Static Variables)
- Instance Variables (Non-static Variables)
Array Java
Array adalah objek yang menyimpan beberapa variabel dengan tipe yang sama. Namun, array itu sendiri adalah objek di heap. kita akan mempelajari bagaimana mendeklarasikan, membangun, dan menginisialisasi di bagian bagian selanjutnya.
Java Enums
Enum diperkenalkan di Java 5.0. Enums membatasi variabel untuk memiliki salah satu dari hanya beberapa nilai yang telah ditentukan. Nilai-nilai dalam daftar yang disebutkan ini disebut enum. Dengan penggunaan enum, Anda bisa mengurangi jumlah bug dalam kode Anda.
Sebagai contoh, jika kita mempertimbangkan aplikasi untuk toko jus segar, akan mungkin untuk membatasi ukuran kaca menjadi kecil, sedang, dan besar. Ini akan memastikan bahwa itu tidak akan mengizinkan siapa pun untuk memesan ukuran apa pun selain kecil, menengah, atau besar.
contoh
(class enumnya/constanta)
class FreshJuice {
enum FreshJuiceSize{ SMALL, MEDIUM, LARGE }
FreshJuiceSize size;
}
--------------------------
(class mainnya)
public class FreshJuiceTest {
public static void main(String args[]) {
FreshJuice juice = new FreshJuice();
juice.size = FreshJuice.FreshJuiceSize.MEDIUM ;
System.out.println("Size: " + juice.size);
}
}
Contoh di atas akan menghasilkan hasil berikut
Size: MEDIUM
Java Keywords
Daftar berikut menunjukkan kata-kata yang dilindungi di Java. Kata-kata yang dicadangkan ini tidak dapat digunakan sebagai konstanta atau variabel atau nama pengidentifikasi lainnya.
abstract | assert | boolean | break |
byte | case | catch | char |
class | const | continue | default |
do | double | else | enum |
extends | final | finally | float |
for | goto | if | implements |
import | instanceof | int | interface |
long | native | new | package |
private | protected | public | return |
short | static | strictfp | super |
switch | synchronized | this | throw |
throws | transient | try | void |
volatile | while |
Komentar di Java
Java mendukung komentar satu baris dan multi-baris yang sangat mirip dengan C dan C ++. Semua karakter yang tersedia di dalam setiap komentar diabaikan oleh compiler Java.
contoh
public class MyFirstJavaProgram {
/* This is my first java program.
* This will print 'Hello World' as the output
* This is an example of multi-line comments.
*/
public static void main(String []args) {
// This is an example of single line comment
/* This is also an example of single line comment. */
System.out.println("Hello World");
}
}
output
Hello World
Inheritance
Di Java, kelas dapat diturunkan dari kelas. Pada dasarnya, jika Anda perlu membuat kelas baru dan di sini sudah ada kelas yang memiliki beberapa kode yang Anda butuhkan, maka dimungkinkan untuk menurunkan kelas baru Anda dari kode yang sudah ada. Konsep ini memungkinkan Anda untuk menggunakan kembali bidang dan metode kelas yang ada tanpa harus menulis ulang kode di kelas baru. Dalam skenario ini, kelas yang ada disebut superclass dan kelas turunan disebut subclass.
Interfaces
Dalam bahasa Java, Interfaces dapat didefinisikan sebagai kontrak antara objek tentang cara berkomunikasi satu sama lain. Interfaces memainkan peran penting ketika datang ke konsep Inheritance.
Sebuah interface mendefinisikan metode, kelas yang diturunkan (subclass) harus digunakan. Tetapi penerapan metode ini benar-benar sampai ke subclass.